Sabtu, 28 September 2013 06:01
http://bintangpapua.com/index.php/lain-lain/k2-information/halaman-utama/item/8969-dprp-harus-segera-susun-perdasus-tentang-desa-adat

Komisi II DPR RI Setujui RUU Desa/Kampung Adat

Paulus SuminoJAYAPURA - Anggota DPD RI Perwakilan Papua, Paulus Sumino, mengatakan, Komisi II DPR RI telah menyetujui rancangan undang-undang tentang desa/kampung adat, dan akan segera didorong ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI untuk dibahas lebih lanjut sebelum dibawah ke sidang Paripurna DPR RI.


Terhadap hal tersebut, dirinya telah bertemu dengan Biro Pemerintahan Kampung Sekda Provinsi Papua dan Komisi A DPRP untuk mengantisipasi itu dengan segera menyusun Perdasus tentang desa/kampung adat itu sendiri, sebab direncanakan pada Tahun Anggaran (TA) 2014 mendatang, undang-undang tersebut sudah diberlakukan, apalagi nantinya pada Tahun 2014 ada dana dari pusat yang akan ditransfer langsung ke rekening desa/kampung adat.

“Semua fraksi sudah menyetujui tentang undang-undang desa/kampung adat. Saya dengan teman-teman dari Kalimantan dan Bali, memperjuangkan terbentuknya undang-undang desa adat, dan itu sudah disetujui oleh Komisi II DPR RI, belum disidang Paripurna, tapi semua fraksi yang ada sudah sepakat dan setujui dibentuk desa adat,” ungkapnya kepada Bintang Papua, di Kantor Gubernur Papua, Jumat, (26/9).

  Dijelaskannya, desa adat ini penting untuk melindungi kekayaan alam kampung adat, termasuk kearifan lokal yang ada dalam lingkup desa adat tersebut. Ditambahkannya, dalam undang-undang desa/kampung adat dimaksud, memberikan keuntungan yang besar bagi desa/kampung adat. Pertama, tata cara pemilihan kepala desa/kampung itu diserahkan kepada adat, yang mana tidak perlu melewati pemilihan.

  Kedua, mempunyai otoritas untuk mengelola sumber daya alam (SDA) yang ada di wilayahnya itu, seperti pertambangan, hutan desa dan sumber daya lainnya yang terdapat di wilayah adat tersebut.

 “Saya bilang bahwa mari membangun negara dengan mulai dari desa/kampung, karena desa/kampung sebagai negara kecil, sebab jika negara kecil menjadi kuat, maka negara besar juga menjadi kuat. Jangan kota saja yang hanya dianggap keistimewaannya lalu dibangun,”  pungkas nya.(nls/art/l03)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

1 comments:

  1. Packers and Movers Indore - Best Movers and Packers in Indore Offer Home, Office and Local Shifting services at affordable price, Save Time and Money.
    Packers and Movers Indore
    Movers and Packers Indore
    Best Packers and Movers Indore
    Indore Packers and Movers

    ReplyDelete